Sosialisasi Pembudidayaan Jamur Merang dan Pembentukan Posdaya Jamur Merang

Sosialisasi Pembudidayaan Jamur Merang dan Pembentukan Posdaya Jamur Merang, merupakan salah satu kegiatan yang disusun oleh Mahasiswa Kuliah Kerja (KK) Kel 13 Gel II Tahun 2012 - 2013 Desa Paleran. Sosialisasi ini ditujukan dan diharapkan dapat menjadi salah satu media atau menjadi salah satu cara dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat paleran dalam bidang pertanian dengan cara berbudidaya Jamur Merang.


Mengapa mahasiswa KK mengangkat topik berbudidaya Jamur Merang?

  • Alasan utama dipilihnya topik budidaya Jamur Merang, dikarenakan melimpahnya media paling penting dalam berbudidaya jamur merang yaitu Jerami.Penghasilan utama masyarakat Paleran adalah dengan bertani padi, dan setelah masa panen padi, jerami hasil panenan hanya dibakar saja dan tidak dimanfaatkan. Oleh karena itu diusulkannya Jamur Merang diharapkan dapat menjadi alternatif dalam memanfaatkan limbah jerami sebagai salah satu cara meningkatkan kesejahteraan msyarakat Paleran.


Tampak Foto Bpk. M. Irsyad bersama mahasiswa KK memimpin jalannya acara dan mensosialisasikan program mahasiswa KK.



Kehadiran Bpk. Maskur selaku Ketu Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani) Paleran dan menyimak persentasi mahasiswa KK tentang Pembudidayaan Jamur Merang
 

Setelah Sosialisasi Jamur Merang Selesai, selanjutnya dibentuk sebuah posdaya jamur merang paleran. Adapunj pengurus posdaya tampak pada gambar dibawah ini :




0 komentar